Kamis, 04 November 2010

proses pemasaran dan perilaku konsumen

Proses Pemasaran dan Perilaku Konsumen


proses pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen

tiga factor yang mempengaruhi pilihan konsumen :

1). Konsumen Individu Pilihan merek dipengaruhi oleh ;
• Kebutuhan konsumen,
• Persepsi atas karakteristik merek, dan Sikap kearah pilihan. Sebagai tambahan, pilihan merek dipengaruhi oleh demografi konsumen, gaya hidup, dan karakteristik personalia.

2). Pengaruh Lingkungan Lingkungan pembelian konsumen ditunjukkan oleh :
• Budaya (Norma kemasyarakatan, pengaruh kedaerahan atau kesukuan).
• Kelas sosial (keluasan grup sosial ekonomi atas harta milik konsumen)
• Grup tata muka (teman, anggota keluarga, dan grup referensi)

3. Faktor menentukan yang situasional
• situasi dimana produk dibeli seperti keluarga yang menggunakan mobil dan kalangan usaha.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran :
Dari sudut pandang penjual :
• Tempat yang strategis (place),
• Produk yang bermutu (product),
• Harga yang kompetitif (price), dan
• Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen :
• Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
• Biaya konsumen (cost to the customer),
• Kenyamanan (convenience), dan
• Komunikasi (comunication).
Dari apa yang sudah dijelaskan di atas ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, bahwa produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi kegiatan operasional maupun perencanaan suatu perusahaan.




Pada gambar 1. dibawah, disajikan beberapa isu perilaku konsumen yang dilibatkan dalam pengembangan berbagai aspek strategi pemesaran.












perilaku konsumen merupakan tindakan-tindakan dan hubungan sosial yang dilakukan oleh konsumen perorangan, kelompok maupun organisasi untuk menilai, memperoleh dan menggunakan barang-barang serta jasa melalui proses pertukaran atau pembelian yang diawali dengan proses pengambilan keputusan yang menentukan tindakan-tindakan tersebut







Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkah Laku Konsumen :

1. Faktor kebudayaan :
a. Budaya.
b. Sub budaya.
c. Kelas sosial.
2. Faktor sosial :
a. Kelompok
b. Keluarga
c. Peran dan status

3. Faktor pribadi :
a. Umur dan tahap daur hidup.
b. Pekerjaan.
c. Situasi ekonom
d. Gaya hidup

Prilaku konsumen merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dengan cermat oleh perusahaan khususnya yang bergerak di bidang industri surat kabar, karena dengan mempelajari perilaku konsumen maka akan dapat menyusun suatu strategi pemasaran yang tepat. Salah satunya faktor prilaku konsumen yang dapat dijadikan tolok ukur dalam strategi pemasaran

Sumber :
• artikel-perilaku-konsumen/
• www.scribed.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar