Minggu, 31 Oktober 2010

bisnis ternak kambing

Nama : adi fauzi fadillah
Kelas : 1eb09
NPM : 20210147

Tugas Pengantar Bisnis ( Soft Skill)
Bisnis peternakan kambing
Semula bisnis ini hanyalah semata-mata ingin memelihara kambing, awalnya saya memiliki kambing hanya 5 ekor saja 3 betina dan 2 jantan. Saya memiliki kambing jenis etawa dan kambing dara. Saya mengawali semuanya berdua dengan teman masa kecil saya, kami mempunyai keepakatan yaitu bagi hasil. Saya yang memberikan modal yaitu 5 ekor kambing dan teman saya yang mencari makan setiap hari.
Kambing jenis ini merupakan jenis yang banyak diminati pengusaha kambing lain, dan harganya pun sangat tinggi. Kambing saya diberi makan setiap hari yaitu rumput dan ampas tempe. Setiap hari saya dan teman saya mengambil rumput-rumput yang berada di sekitar rumah. Usaha kambing etawa ini telah berjalan cukup lama.
Dalam hal memelihara kambing ini saya tidak mencari keuntungan namun hanya menyalurkan hobi, karena jika saya mencari keuntungan itu sangatlah lama, karena kebanyakan kambing-kambing dijual pada hari raya Idul Adha saja, sedikit sekali yang mau membeli kambing-kambing diluar hari raya tersebut. Untuk itu saya hanya menyalurkan kesenangan kepada binatang.
Saat ini kambing-kambing saya telah mencapai angka sekitar 30 ekor kambing yang berukuran besar dan kecil, itu semua berasal dari perkawinan dan juga ada yang membeli dari pengusaha kambing lain.
Banyak sekali keuntungan dari pemeliharaan kambing, saya dapat menjual susu kambing dalam jumlah besar, susu kambing mempunyai khasiat yaitu dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Kandungan fluorine yang terdapat pada susu kambing berkisar 10 sampai 100 kali lebih besar dibandingkan susu sapi. Kandungan fluorine bermanfaat sebagai antiseptik alami dan dapat membantu menekan pembiakan bakteri di dalam tubuh. Bisa membantu pencernaan dan menetralisir asam lambung, menyembuhkan reaksi-reaksi alergi pada kulit, saluran napas dan pencernaan.
Selain itu susu kambing jenis dara yaitu pengambilan susu kambing yang belum tersentuh oleh anaknya sangat lah berhasiat untuk wajah. jadi kambing dara yang baru melahirkan dan susunya diambil sebelum diminum oleh anaknya, dipercaya bisa menjadi obat kecantikan untuk para wanita dan lelaki. Susu ini tergolong mahal harganya bias mencapai angka 500 ribu/liter. Dari situ saya memperoleh keuntungan dalam usaha kambing ini.
Saya merencanakan untuk kedepannya yaitu saya ingin menambah kambing-kambing saya, dan saya juga ingin mencoba berternak sapi, sehingga akan banyak lagi keuntungan-keuntungan yang saya dapati dari bisnis ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar