Senin, 29 November 2010

karakteristik asing yang mempengaruhi bisnis internasional

karakteristik asing yang mempengaruhi bisnis internasional

setiap bangsa mempunyai sebuah kelebihan yang mungkin tidak dimiliki Negara lain, dan setiap Negara juga mempunyai kekurangannya juga. Maka dari itu setiap Negara butuh Negara lain untuk memenuhi kebutuhan Negara tersebut.
Perdagangan luar negeri pada era globalisasi sekarang ini merupakan suatu keharusan yang tidak dapat dihindari oleh suatu negara karena tanpa itu suatu negara tidak akan mampu untuk dapat bertahan. Perdagangan luar negeri merupakan suatu sarana dan stimulator penting bagi pertumbuhan ekonomi, yaitu :
• memperbesar kemampuan konsumsi suatu negara
• meningkatkan output dunia dan memberikan jalan bagi pasaran produk-produk seluruh dunia, yang tanpa melalui perdagangan tidak akan mungkin dapat bagi negara-negara miskin untuk berkembang.
Salah satu bentuk perdagangan luar negeri tersebut adalah ekspor, dimana ekspor memainkan peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi, terutama bagi negara-negara berkembang. Industri ekspor merupakan sektor yang menjadi landasan bagi perkembangan produktifitas, kemudian produktifitas ini berangsur-angsur menjalar keseluruh sektor ekonomi.
Perkembangan ekspor ini menjadi bagian utama dari substansi 2 perspektif ekonomi yakni, perspektif ekonomi makro, dimana kegiatan ekspor memungkinkan ekonomi nasional menjadi lebih baik untuk memperbesar cadangan valuta asing, menyediakan lapangan kerja, menciptakan backward dan forward linkages, dan akhirnya mencapai sebuah standar hidup yang lebih tinggi (Czinkota, Rivoli, Ronkainen,1992).
Perdagangan internasional adalah kegiatan perdagangan barang-barang dan jasa, yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain. Perdagangan luar negeri timbul karena pada hakekatnya tidak ada satupun negara didunia ini yang dapat menghasilkan semua barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan seluruh penduduknya (Deliarnov,1995).
Jadi, setiap Negara butuh Negara lain, hal yang dapat memajukan suatu Negara adalah jika suatu Negara tersebut mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki Negara lain, dan barang yang dihasilkan Negara tersebut merupakan barang yang dibutuhkan oleh Negara lain. Serta tidak ada Negara lain yang mampu atau memiliki kenlebihannya tersebut.
Sumber : buatan sendiri, www.goolgle.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar